Kamis, 23 Januari 2014

Perkumpulan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sukamulya


I.                    SEJARAH

PKK merupakan perkumpulan ibu-ibu yang tergabung atas dasar kebutuhan untuk membina ibu-ibu rumah tangga pada desa tersebut. Dahulu yang menjadi ketua PKK adalah isteri dari Kepala Desa Sukamulya, demikian juga anggota-anggotanya merupakan isteri dari perangkat desa. Namun seiring berjalannya waktu, sistem keanggotaannya menjadi lebih fleksibel. Siapapun yang tergerak untuk aktif berpartisipasi dalam membangun Desa Sukamulya dapat menjadi anggota PKK.

Berbubung pada tahun 2013 Kepala Desa Sukamulya merupakan seorang wanita, ketua PKK dilipih langsung oleh kepala desa. Ketua PKK saat ini adalah Ibu Ihat yang berprofesi sebagai seorang ibu rumah tangga. Suami Ibu Ihat merupakan seorang kepala sekolah. Periode kepengurusan Ibu Ihat dimulai  pada bulan Januari 2013 sampai saat ini.

 

II.                  PENGURUS

Ibu Ihat Selaku Ketua PKK
 
 

Jumlah anggota PKK Desa Sukamulya secara keseluruhan adalah 21 orang. Tiga orang berprofesi sebagai pedagang, dua orang merupakan pengajar, dan sisanya adalah ibu rumah tangga.
Bagan Kepengurusan PKK
 

III.                PROGRAM KERJA

 

·      Program Kerja I : Bidang Keagamaan (Seperti Pengajian), dan Pembinaan Lansia (Senam)

             Pengajian diadakan di tiga masjid yang berbeda. Setiap hari Senin diadakan di Masjid Al-Mubarok, setiap hari Selasa diadakan di Masjid Al-Ikhwan, dan setiap hari Minggu diadakan di Masjid At-Taqwa. Pengajian ini dilaksanakan setelah waktu zuhur yaitu berkisar antara pukul2- pukul3. Untuk kegiatan senam, dilaksanakan dalam dua kali dalam satu minggu. Pada hari Jum’at dilaksanakan di Kecamatan Ujung Jaya, sedangkan pada hari Minggu dilaksanakan di Balai Desa Suka Mulya setiap pukul 08.00 WIB.

·      Program Kerja II : Bidang Kehidupan Berkoperasi dan Pendidikan

             Pokja ini membentuk unit UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yang berupa unit simpan pinpukul dengan bunga 2% setiap bulannya. Pada awalnya UP2K memiliki modal sebesar Rp. 500.000,- yang kemudian berkembang menjadi Rp 700.000,-. Sedangkan untuk bidang pendidikan dibentuklah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), yang diberi nama PAUD As-Syifa. Sebagian besar guru PAUD berasal dari anggota PKK itu sendiri, yaitu ibu Eli, Ibu Ijah dan satu pengajar lainnya yaitu Ibu Rika bukan merupakan anggota PKK. PAUD ini dikepalai oleh ibu Neneng Rina. Kegiatan belajar mengajar diadakan setiap hari Senin-Sabtu dari pukul 08.00 WIB-10.00 WIB.

·      Program Kerja III : Bidang Kegiatan Penyuluhan Pemanfaatan Tanah Pekarangan dan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

  Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali pada saat rapat rutin desa, setelah pelaksanaan kegiatan di Posyandu Desa Sukamulya.

·      Program Kerja IV : Bidang Posyandu dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB)

     Kegiatan posyandu dilaksanakan setiap hari Rabu minggu ketiga setiap bulannya. Di Desa Suka Mulya terdapat dua posyandu, yaitu Posyandu Melati 1 yang bertempat di Dusun Mariuk dan Posyandu Melati 2 yang bertempat di Balai Desa Sukamulya.

 

IV.                KEGIATAN RUTIN

               Demi melancarkan kegiatan-kegiatan PKK, diadakan rapat rutin pada tingkat desa dan kecamatan yang dilaksanakan satu bulan sekali.

 

V.                  POTENSI PKK

                Melihat kegiatan PKK yang begitu variatif dan bermanfaat, sebenarnya ibu-ibu PKK berpotensi untuk mengembangkan kegiatan mereka di Desa Sukamulya. PKK berharap akan ada kegiatan demo keterampilan, tetapi sayangnya hingga saat ini sumber daya yang berpotensi dalam bidang tersebut masih sedikit. Ada seorang ibu di Dusun Barojol yang memiliki bakat untuk membuat keterampilan perangkat pernikahan, yaitu pakaian pernikahan dan seserahan. Kiranya kemampuan tersebut dapat turut digeluti dan dikuasai oleh anggota-anggota lainnya.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar